Posted by: syaefulimam | September 27, 2011

Sebuah Catatan dari Ajang LKS SMK Se Kab Tegal 2011

LKS atau Lomba Keterampilan Siswa adalah sebuah ajang lomba yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah kejuruan mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke Nasional yang bertujuan untuk mengukur seberapa jauh tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan di sekolah masing-masing. Selain itu  ajang ini sebenarnya dapat digunakan juga sebagai bahan evaluasi diri bagi Guru maupun Sekolah. Bagi Guru dengan mengikutkan anak didik yang biasanya dipilih yang terbaik diantara yang ada dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana metode pembelajaran yang  disampaikan disekolah maupun materi yang diterima Peserta didik di Dunia Industri melalui kegiatan Praktek Kerja Industri dapat diserap oleh siswa, walaupun hanya satu orang siswa yang diikutkan tapi itu dapat menjadi sebuah sample untuk mengukur siswa yang lain.Sedangkan bagi sekolah hasil LKS dapat dijadikan sebagai tolok ukur apakah pelaksanaan pendidikan dan pelatihan atau ketersediaan fasilitas penunjang yang ada disekolah tersebut telah sesuai dengan standar minimal  yang diterapkan Dunia Industri atau tidak mengingat tujuan dari SMK adalah untuk menyediakan tenaga-tenaga yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang cukup sehingga dapat terserap oleh Dunia Industri. Disamping itu tentunya LKS tak pelak merupakan ajang untuk menunjukan Prestise dari Sebuah Sekolah.

Sebagai sebuah ajang yang diperlombakan sampai tingkat Nasional seharusnya ada standar khusus yang sama dari tingkat Kabupaten sampai Nasional tapi pada kenyataanya hal itu tidak dapat dilaksnakan mengingat kondisi sekolah yang beragam baik fasilitas maupun kemampuan finansial  dari masing-masing sekolah juga lamanya pelaksanaan yang hanya satu hari. Tapi dengan standar penilaian yang relatif sama kayaknya lomba ini masih layak untuk dijadikan bahan evaluasi bagi peserta didik, guru maupun sekolah.

Khusus untuk SMK Muh Tempat aku mengajar sekarang ini adalah Kali ke 2 sekolah ku ikut lomba . Dan Alhamdulillah Pada keikutsertaan yang pertama tahun lalu menghasilkan sebuah kejutan karena untuk sebuah sekolah yang baru pertama kali ikut ajang kompetesi keterampilan siswa bahkan keikutsertaannya hampir saja saya batalkan karena tidak pede dengan sekolah – sekolah lain yang alat nya jauh lebih lengkap dan guru-gurunya sudah diikutkan training berkali-kali bisa mendapat juara 4 bahkan diatas sebuah sekolah negeri walaupun ternyata hal itu disebabkan  karena Nilai Ujian Teori yang dicapai siswa saya tertinggi diantara sekolah-sekolah lainnya bahkan nyaris sempurna sehingga dapat mendongkrak nilai mata lomba praktek meskipun tanpa Pelatihan khusus. Dan ternyata apa yang terjadi pada sekolahku rupanya membuat sekolah lain tidak terima sehingga untuk tahun ini disepakati tidak ada sesi ujian teori, Wah bangga juga ternyata sekolahku sekali muncul langsung diperhitungkan sekolah lain. Sebenarnya dengan dihilangkannya sesi ujian teori agak menciut juga nyaliku mengingat fasilitas sekolah yang masih belum memadai apalagi kondisi bengkel yang penuh dengan material bangunan kelas baru yang tentunya menyulitkan saya untuk melatih anak ditambah perginya guru yang sudah mendapat pelatihan sampai 2 kali atas fasilitas sekolah dan diganti guru yang baru. Tapi apa daya mau mundur juga endak mungkin akhirnya ya sudahlah dijalani aja. toh anak di DUDI juga sudah dapat pelatihan yang cukup. Dan Alhamdulillah dari 6 mata lomba  yang dijalani hasilnya tidak mengecewakan bahkan untuk Overhoul Engine dan EFI mendapat nilai yang lumayan bagus dan sebenarnya untuk mata lomba yang lain juga bisa mendapat nilai yang bagus tapi karena kendala peralatan yang disediakan panitia yang ternyata tidak memadai dan bahan lomba yang karena dipakai beberapa orang sehingga jadi tidak standar ketika dipake siswaku akhirnya mendapat nilai rendah sehingga sekolahku peringkatnya turun jadi 12/11 karena  skor yang sama antara 2 peringkat tersebut dari 17 sekolah negeri dan swasta hal ini cukup memuaskan buat saya mengingat kondisi sekolah yang fasilitasnya belum selengkap negeri dan saya yang tidak pernah dapat pelatihan satu kalipun. yang jelas tahun depan saya pastikan lebih baik dengan pengalaman tahun ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: